Mahasiswa FST UIN Jakarta Mendapatkan Predikat Runner Up dan Best Talent IndonesiaNEXT Season 5

Prestasi Mahasiswa

Saintek News (19/08/21) – Tiga mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta masuk finalis IndonesiaNEXT Season 5 tahun 2021 ini. IndonesiaNEXT merupakan program Masterpiece CSR Telkomsel sejak 2016. Program ini mempersiapkan siswa untuk menghadapi persaingan global di tingkat nasional dan internasional dalam mengembangkan sumber daya manusia khususnya mahasiswa dan pelajar Indonesia untuk memiliki kapabilitas dan kompetensi agar mampu bersaing di tingkat nasional, regional dan internasional. Acara IndonesiaNEXT terdiri dari serangkaian kegiatan dimulai dari webinar series yang diisi oleh UX designer dan Data Analyst yang bekerja di Telkomsel, pelatihan sertifikasi Adobe dan Microsoft sertifikasi gratis, pelatihan soft skill, dan terakhir presentasi. Kegiatan ini berlangsung dari Desember 2020 hingga Agustus 2021.

Selama 5 tahun diselenggarakan, acara ini telah mencakup pendaftar di 34 provinsi dengan sebaran 388 Kabupaten dan kota dengan 62.702 pendaftar dari 2.046 universitas peserta, 4 Sekolah Menengah Kejuruan. Pada IndonesiaNEXT season 5, dipilih 39 finalis dari 683 peserta National Bootcamp kemudian diseleksi 26 runner up dan 13 best talent.

Finalis IndonesiaNEXT dari UIN Jakarta

Salamah Agung Ketua Pusat Karir UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menfasilitasi kegiatan ini sehingga dua mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berhasil menjadi finalis di jenjang National Bootcamp yaitu Raffy Revanza Program Studi (Prodi) Matematika dan Anggita Maharani Prodi Teknik Informatika serta Rayfan Bagasetya Prodi Tadris Biologi (FITK). Ketiga mahasiswa UIN Jakarta ini diberikan tugas akhir membuat projek yang berkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDG) dan salah satu produk Telkomsel. Hasil projek tersebut kemudian di presentasikan di depan lima panelis yang terdiri dari penggiat industri, psikolog, dan perwakilan dari Telkomsel.

Menurut Siti Ummi Masruroh Dosen Prodi Teknik Informatika sebagai salah satu Dosen Pembimbing ini melaporkan bahwa Raffy dan Anggi mendapatkan predikat runner up sementara Rayfan mendapatkan predikat best talent. Arief Subhan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta turut mendampingi dan menyaksikan pengumuman finalis perhelatan tersebut. Hadiah yang diberikan kepada finalis berupa uang tunai, telkomsel orbit, smartphone, hingga laptop. Dekan FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Nashrul Hakiem sangat mengapresiasi pencapaian ini dan mengharapkan agar mahasiswa UIN Jakarta dapat berpartisipasi pada kegiatan IndonesiaNEXT berikutnya. Tahniah! (SUM)