Category Archives: Kompetisi

IMAGINE CUP 2017 : INDONESIA

IMAGINE CUP 2017 : INDONESIA

Microsoft Imagine Cup merupakan sebuah kompetisi teknologi berskala global yang ditujukan bagi para pelajar dan mahasiswa berbakat di sluruh dunia untuk menciptakan dan mengembangkan berbagai aplikasi inovatif. Selama 13 tahun berlangsung di Indonesia, lebih dari 5.000 mahasiswa, lebih dari 1.000 tim dari 30 universitas dari seluruh Indonesia telah bergabung dalam kompetisi ini. Indonesia telah menorehkan prestasi dengan menjadi Juara 2 Dunia pada tahun 2013 dan 2016 dan mahasiswa peserta Imagine Cup juga banyak yang telah menjadi entrepreneur sukses di Indonesia.

Batas pendaftaran dan seleksi tahap pertama berupa video submission adalah tanggal 28 Februari 2016. Untuk keterangan lebih lanjut dapat dilihat di website: http://aka.ms/ImagineCupID

Untuk itu setiap tahun nya kami selalu semangat mengajak teman-teman mahasiswa untuk menjadi bagian dari karya-karya menarik selanjutnya!

Sebelum melanjutkan membaca halaman ini, pastikan kita sama-sama sepakat untuk patuh dengan aturan utama berikut ini:

  1. WAJIB baca aturan umumdan aturan kompetisi Imagine Cup
  2. WAJIB memperhatikan sedalam-dalamnya semua informasi yang terdapat pada portal Imagine Cup
  3. Setiap anggota tim kamu WAJIB mendaftar di portal Imagine Cup sesegera mungkin, asal punya Microsoft Account, dapat langsung sign in
  4. WAJIB isi profile kamu selengkap-lengkapnya karena kami akan mengirimkan update melalui email yang terdaftar pada portal Imagine Cup
  5. WAJIB baca halaman ini dengan hati-hati jangan sampai ada informasi yang terlewat terutama tanggal dan tautan penting

info lebih detail : Syina – MSP UINJKT (082213466995)

Mail     : Syinsyina@outlook.com 

Mail     : Syinsyinazipha@gmail.com

Phone  : 082213466995 

Semarak Hifest 2016 Gemparkan FST UIN Jakarta

IMG-20161204-WA0000

HIMTI Innovation Festival (HiFest) merupakan event terbesar yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan merupakan event rutin tahunan. Pada tahun ini, HiFest sudah masuk tahun ke-3 karena HiFest pertama diselenggarakan pada tahun 2014. HiFest dengan tema “Exploring Culture with Innovation and Technology” ini diselenggarakan sebagai wadah dan fasilitas bagi generasi muda Indonesia dalam bidang teknologi dan kebudayaan, agar lebih meningkatkan pengetahuan tentang teknologi dan dapat mengaplikasikan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Selain untuk meningkatkan pengetahuan tentang teknologi, HiFest juga dapat menjadi tempat mengembangkan sisi kreatif generasi muda Indonesia.

Pada tahun ke-3 ini, rangkaian acara HiFest diadakan mulai dari tanggal 2 November hingga 18 November. Acara pertama dalam serangkaian acara HiFest tahun ini yaitu seminar Cloud Computing and Deep Net pada tanggal 2 November 2016, acara seminar ini mendatangkan pembicara yang merupakan Founder of Inspiratorfreak.com yaitu Jonathan Cristian S. Kemudian ada kompetisi PES (Pro Evolution Soccer), DOTA2, Bussiness Plan, dan Stand Up yang melanjutkan rangkaian acara HiFest. Tidak ketinggalan HiFest juga mengadakan Workshop Android yang dilaksanakan selama dua hari berturut-turut yaitu pada tanggal 7 sampai dengan 8 November 2016. Lalu rangkaian acara HiFest ditutup pada tanggal 18 November 2016 oleh seminar Entrepreneur dan mendatangkan pembicara yang merupakan Head of Bussiness and Merchant Development Tokopedia yaitu Ranu Prasetyo.Dota 2 2016

Acara HiFest tahun ini dapat dikatakan sangat meriah karena menarik perhatian peserta dari Universitas lain maupun peserta yang berdomisili di luar jabodetabek. Selain itu, acara closing HiFest pun menarik perhatian dan mengundang minat mahasiswa/i UIN Syarif Hidayatullah untuk ikut serta memberikan penampilannya, seperti salah satu contohnya adalah dari Stand Up UIN, serta mengundang perhatian dari salah satu band musik yang berasal dari Bogor yaitu Arturo Band. Kemasan acara yang sangat menarik membuat peserta maupun penonton tidak ingin beranjak dari tempatnya sampai berakhirnya kegiatan

Hifest .

Tim Mahasiswa TI menang kompetisi Hackathon Indosat Ooredo Wireless Innovation Competition (IIWC) 2016

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mahasiswa Teknik Informatika dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah berhasil menjadi pemenang dalam Hackathon Indosat Ooredo Wireless Innovation Competition (IIWC) dengan membuat aplikasi yang mempermudah ibadah haji dan umrah.

“Alhamdulillah, kami berhasil keluar sebagai aplikasi terbaik pertama dalam kompetisi ini,” ujar anggota tim dari UIN Jakarta Ghiyats Hanif usai penyerahan hadiah di Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (10/9).

Ia menjelaskan bahwa aplikasinya tersebut merupakan marketplace travel umrah dan haji. Selama ini, belum ada aplikasi yang khusus untuk travel umrah dan haji. “Jadi, calon haji cukup mencarinya dengan satu situs. Kapan berangkatnya? Harganya? Fasilitas apa saja yang didapatkan,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya membuat aplikasi tersebut terinspirasi dari permasalahan yang dihadapi masyarakat. Selain itu, topik skripsinya juga menyangkut ibadah haji dan umrah. “Ini baru ide awal, nanti akan ada tahap pengembangan,” katanya.

Hackathon IWIC merupakan kompetisi pembuatan aplikasi mobile secara maraton selama 24 jam yang diikuti talenta muda berbakat. Kompetisi itu diikuti sebanyak 71 tim menjadi peserta pada kompetisi ini yang berasal dari berbagai kota, antara lain, Jabotabek, Bandung, Jambi, Padang, Pontianak, Probolinggo, Yogyakarta, Semarang, Wonosobo, Manado, dan Surakarta.

Setiap tim berisi dua hingga tiga personel yang terdiri atas para developer muda, start-up lokal, dan pelajar/mahasiswa. Kepala Grup Budaya Transformasi Thomas Purnawan mengatakan bahwa hackathon merupakan rangkaian IWIC 10 yang bertujuan mencari aplikasi mobile yang membawa manfaat dan kemudahan bagi orang banyak.

“Ini membuktikan talenta-talenta muda kita tidak kalah dari luar negeri. Cuma masalahnya, mereka kurang ruang untuk berkompetisi,” ujar Thomas.

Para peserta bersaing satu dengan yang lain untuk memperebutkan hadiah berupa uang tunai, saldo Dompetku, dan voucher Cipika dengan total puluhan juta rupiah. Karya-karya yang tercipta pada Hackathon pun akan otomatis terdaftar di IWIC 10.

“Melalui IWIC 10 yang juga terbuka untuk peserta dari luar negeri, kami juga ingin membawa karya anak bangsa untuk siap bersaing di kancah internasional. Di kemudian hari Indonesia tidak hanya menjadi negara pengguna, tetapi juga pembuat aplikasi mobile yang bisa dinikmati oleh semua orang di dunia,” kata Thomas.

IWIC 10 menghadirkan berbagai kategori yang dapat diikuti, yaitu Kids, Teens, University Student and Public, Developers Category, Special Category for Women & Girls, dan Disabled Category yang dapat diikuti oleh peserta sesuai jenjang usia.

Seluruh kategori akan berkompetisi untuk ide dan aplikasi di bidang communications, lifestyle & education, multimedia & games, utility (tools, security, ideas/apps for disabled), tourism, dan social innovation. Peserta dapat membuat ide dan aplikasi untuk diaplikasikan di sistem operasi Android, Apple, Symbian, Blackberry, dan Windows Phone.

Sumber : Antara

Hackathon fst.uinjkt.ac.id winner1

Peserta Tim 1 Dari TI (Ikut bartisipasi)

Hackathon fst.uinjkt.ac.id winner2

Perwakilan Pemenang Dari Mhs TI  (Tim 3 Mahasiswa TI : Ghiyats, Ghazali dan Saggaf)

Hackathon fst.uinjkt.ac.id winner3

Tim Pemenang dan Tim Nusbet (Beberapa/3 Dari Mhs TI)

Hackathon fst.uinjkt.ac.id winner4

Para Perwakilan Pemenang

Hackathon

login browser

IWIC 10

kompetisi 3

 

klik

Ini kesempatanmu untuk menunjukkan inovasi dan memenangkan total hadiah ratusan juta rupiah!

Tech in Asia berkolaborasi dengan Indosat Ooredoo, mengadakan IWIC 10 (Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest 10) yang bertujuan untuk menuangkan kreativitas generasi muda seperti kamu dalam bentuk ide brilian dan/atau aplikasi keren yang memberikan manfaat untuk menjadikan Indonesia bahkan dunia yang lebih baik.

Ssstt.. Ide produk boleh berupa aplikasi yang sudah jadi maupun produk yang baru akan dibuat juga loh.

​klik daftar
Jadi, tunggu apa lagi? Daftarkan dirimu sekarang juga untuk mengikuti IWIC 10!

Pendaftaran akan kami tutup pada 30 September 2016. Khusus bagi yang mendaftar sebelum tanggal 25 September pukul 23.59 WIB, kami akan memilih 10 orang untuk mendapatkan tiket gratis konferensi Tech in Asia Jakarta 2016!